Film Kolosal Sejarah Rembang


Menarik sekali ulasan berita di Suara Merdeka yang saya dapat sekitar 2 hari yang lalu, ialah “Rembang Gagas Film Sejarah”. Berita ini menyuguhkan bagaimana kini Pemerintah Kabupaten rembang berupaya untuk merangkum sejarah Rembang yang berpencar.

Film ini direncanakan memang sebagai film kolosal. Uang yang disediakan pun tidaklah sedikit. Setidaknya 4 miliar rupiah telah dipersiapkan Pemkab Rembang untuk proyek ini. Ya. Proyek yang ambisius saya kira.

Selepas membaca dan merenungkannya, saya bangga sekaligus curiga. Bagaimana tidak, ditengah kehancuran infrastruktur yang digunakan oleh rakyat; ditengah Anggaran Perencanaan Belanja Daerah dan penghasilan yang tergolong kecil di Jawa Tengah; pemerintah menyediakan 4 miliar untuk film. Ya. Dari sinilah kecurigaan saya bermula.
Namun di sisi lain, saya juga turut berbangga bila megaproyek yang didanai oleh uang daerah itu dapat berjalan lancer, sebagaimana yang direncanakan. Harapannya pariwisata Rembang bisa terdongkrak, serta masyarakat terlibat serta dalam produksi film. Karena itu yang dituturkan oleh dinas pariwisaa rembang.
Namun saya kemudian berfikir ulang. Bagaimana film yang nitannya akan menghadirkan sejarah mulai dari Sunan Bonang, batik lasem, pendaratan Laksamana Cheng Ho, dan kisah Kartini  itu digarap. Bukankah jeda antara sunan Bonang dan R.A. Kartini sangatlah jauh?
Entahlah. Semoga sutradara dan sineas yang di sana, bisa menjawab pertanyaan saya. Semoga Pemerintah daerah bisa mewujudkannya? Hingga efek dari film itu, bisa dirasakan oleh rakyat. Ya. Sobat, kemana lagi hasil uang daerah kalau bukan untuk rakyat. Demikian juga dengan Film itu.[]

Liputan dari Suara Merdeka bisa dilihat di sini: SUARA MERDEKA rubrik MURIA

2 Responses to Film Kolosal Sejarah Rembang

  1. edda says:

    amiin, semoga😀

Leave a Reply

